Pengertian Software dan Kategorinya


A. Pengertian Software

Sahabat Inspiratif! Software merupakan Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris:software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. 

Sementara pendapat lain menyatakan bahwa software adalah sebuah program komputer yang apabila dijalankan akan menyediakan fitur dan fungsi, atau bisa diartikan juga sebuah struktur data yang menjalankan program untuk dapat memanipulasi informasi.

Sahabat Inspiratif! (Pressman, 2010, pp. 4). Software memiliki beberapa ciri-ciri. Berikut ini beberapa ciri-ciri software:

1. Software is developed or engineered; it is not manufactured in the classical sense.

Sahabat Inspiratif! Sebuah Software dirancang dengan pengembangan, tidak dirancang dengan hanya sekali jadi seperti dalam pembuatan suatu produk. Yang artinya sebuah perancangan software membutuhkan pengembangan-pengembangan lebih lanjut.

2. Software doesn’t wear out

Sahabat Inspiratif! Sebuah software membutuhkan pengembangan lebih lanjut yang bertujuan untuk terus menyesuaikan keadaan teknologi yang terus berkembang.

3. Although the industry is moving toward component-based construction, most software continues to be custom built

Sahabat Inspiratif! Komponen pada software harus dirancang untuk dapat digunakan kembali baik untuk program yang sama maupun program yang berbeda. Tidak seperti pada proses industrial yang membuat komponen untuk dapat memiliki desain yang lebih menarik dari produk sebelumnya dengan menggunakan

B. Pengertian sofware menurut para ahli

Sahabat Inspiratif! Menurut Imam Prayogo Pujiono, pengertian perangkat lunak adalah suatu program dalam komputer yang dirancang sedemikian rupa, yang jika dijalankan akan memberikan perintah ke komputer/ hardware/ software lain dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas, pekerjaan, dan juga tuntutan tertentu seperti yang diharapkan user.

Menurut Wilman dan Riyan, pengertian software adalah sebuah perangkat operasi kerja untuk menjalankan berbagai komponen pada hardware yang memiliki sifat maya (tidak terlihat) tetapi bermanfaat bagi user-nya.

Sahabat InspiratifMenurut Wiwit Siswoutomo, software adalah nyawa dari sebuah hardware atau komputer karena tanpa adanya perangkat lunak maka komputer hanyalah sebuah hardware yang mati dan tidak dapat digunakan.

Menurut Roger S. Pressman (2002), pengertian software adalah suatu perintah program dalam sebuah komputer yang apabila dieksekusi oleh usernya akan memberikan fungsi dan unjuk kerja seperti yang diharapkan oleh user-nya. Dengan kata lain, perangkat lunak berfungsi untuk memberi perintah kepada komputer agar dapat berfungsi secara optimal sesuai dengan perintah user.

Sahabat Inspiratif! Menurut Melwin Syafrizal Daulay (2007), pengertian software adalah suatu perangkat yang berfungsi sebagai pengatur aktivitas kerja komputer dan seluruh intruksi yang mengarah pada sistem komputer dan menjembatani interaksi antara user dengan komputer.

C. Kategori Software

Sahabat Inspiratif! Software memiliki beberapa kategori. Berikut ini beberapa kategori software:

1. System Software

Kumpulan program yang digunakan untuk menjalankan program lainnya. Contoh: compilers, editor, dan file management

2. Application Software

Sebuah program yagn dibuat untuk memenuhi suatu kebutuhan. Contoh: aplikasi yang memiliki nilai jual

3. Engineering/Scientific software

Program yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perancangan atau penelitian. Contoh: aplikasi yang digunakan untuk kepentingan ilmiah (astronomi, biologi, dan lain-lain)

4. Embedded software

Program yang dibuat dan tertanam pada suatu hardware yang digunakan untuk end-user atau sistem itu sendiri. Contoh: software pada mesin cuci, software pada mobil untuk keadaan bensin

5. Product-line software

Program yang dibuat untuk tujuan tertentu dengan digunakan oleh banyak customer. Contoh: Microsoft Word, Microsoft Excel

6. Web applications

Program yang berjalan dengan menggunakan web browser. Contoh: web game, website

7. Artificial intelligence software

Program yang berupa algortima non-numerical untuk menangani masalah yang rumit. Contoh: robotik, pengenalan suara dan gambar 

Sahabat Inspiratif! Sebuah software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu. Jadi, tanpa adanya software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa menjalankan perintah apapun dari user.

Post a Comment

0 Comments