About Me

Pengertian Kewajiban dan maknanya dalam lingkup Keluarga



Sahabat inspiratif! Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilaksanakan oleh seseorang sesuai dengan aturan yang berlaku. Melaksanakan kewajiban harus disertai tanggung jawab agar kewajiban tersebut dapat terlaksana dengan baik, tepat waktu dan sesuai dengan target yang dharapkan.

Kewajiban adalah sesuatu yang sangat penting yang harus kita laksanakan. Kewajiban dalam keluarga berarti melaksanakan beberapa tanggung jawab yang ada dalam keluarga.

Seorang ayah mempunyai kewajiban untuk memenuhi kebutuhan primer dalam keluarga seperti kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. Sandang berarti yang berkenaan dengan kebutuhan pakaian seluruh anggota keluarga. Sementara pangan adalah semua kebutuhan pokok yang berhubungan dengan makan dan minum seluruh anggota keluarga. Kemudian papan berarti tempat tinggal yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Itulah tugas-tugas utama dari seorang ayah dalam keluarga.

Selain memenuhi kebutuhan utama (kebutuhan primer) tugas ayah yang lain adalah:

1.Membina akhlak yang mulia bagi seluruh anggota keluarga

2.Menjaga kesehatan jasmani dan rohani seluruh anggota keluarga

3.Melatih adab dan sopan santun seluruh anggota keluarga

4.Melatih hidup mandiri bagi seluruh anggota keluarga

5.Mempersiapkan masa depan anak-anak sesuai dengan bakat dan kemampuannya

6.Melatih hidup bermasyarakat kepada seluruh anggota keluarga.

Sahabat inspiratif! Selain tugas dan kewajiban  ayah yang begitu banyak, ternyata tugas dan kewajiban ibu dalam keluarga juga tidak kalah banyak. Tugas ibu dalam keluarga adalah:

1.Mengatur semua urusan rumah tangga dalam keluarga

2.Mendidik anak-anak agar berkepribadian baik dan cerdas

3.Mengelola keuangan keluarga dengan sebaik-baiknya

4.Merawat dan membesarkan anak-anak

5.Mempersiapkan makanan bagi seluruh anggota keluarga

6.Mempersiapkan pakaian dan perlengkapan lainnya untuk anak-anak sebelum pergi ke sekolah

Sahabat inspiratif! Ibu adalah seorang manajer yang harus mengatur semua urusan rumah tangga mulai dari yang sepele, seperti mengepel dan menyapu lantai, hingga urusan yang rumit. Selain itu, Layaknya seorang guru, ibu memiliki peran penting dalam mendidik anak-anaknya mengenai pendidikan iman, moral, fisik dan jasmani, intelektual, psikologis, dan juga sosial. Ibu harus bisa menyatukan semua anggota keluarga yang mempunyai karakter berbeda. Tak hanya itu, ibu juga harus menuntun semua anggota keluarga agar bisa sejalan satu tujuan.

Selain itu, melalui didikan seorang ibu, kepribadian seorang anak bisa terbentuk dengan baik karena ibu terus membimbingnya tanpa lelah sejak anak masih kecil. Ibu harus bisa menjadi teladan bagi anak-anaknya karena anak akan mencontoh sikap dan perilaku orangtuanya.  Menjadi seorang ibu adalah salah satu pekerjaan bergaji tertinggi… Karena bayarannya adalah cinta murni

Sahabat inspiratif! Ibu juga petugas medis yang selalu ada bagi anggota keluarga. Ibu selalu merawat anaknya sejak masih bayi. Setelah  hamil dan melahirkan anaknya, ibu juga harus memandikan, mengganti popok, memakaikan baju, menyusui, menyiapkan makanan, dan memberi ASI.

Kemudian ibu, juga seorang akuntan handal yang harus bisa mengelola anggaran keluarga agar semua kebutuhan bisa tercukupi. Adapun kebutuhan keluarga misalnya, belanja bulanan, bayar sekolah anak-anak, serta membayar tagihan listrik dan telepon. Bahkan, banyak ibu juga harus bekerja membanting tulang untuk mencari nafkah bagi keluarga demi membantu keuangan keluarga.

Kewajiban dan tugas seorang ibu ternyata jauh lebih berat diatas tugas ayah. Terkadang ayah dan semua anak-anak sudah terlelap tidur, tetapi ibu masih sibuk beres-beres di dapur dan merapikan semua barang-barang yang berserakan didalam rumah.

Setelah mengetahui tugas dan kewajiban ayah dan ibu, selanjutnya apa tugas seorang anak dalam keluarga? Bagaimana agar anak tidak mengecewakan orang tua? Dan bagaimana seorang anak dapat membahagiakan orang tua?

Kewajiban seorang anak dalam keluarga adalah sebagai berikut:

1.Belajar sungguh-sungguh  demi masa depan yang lebih baik.

2.Membantu pekerjaan ayah, ibu dan adik/kakak

3.Belajar agama dan melaksanakan  perintah agama

4.Menjaga kebersihan tempat tidur, pakaian dan rumah

5.Menjaga nama baik keluarga

Sahabat inspiratif! Kewajiban dasar seorang anak jika di rumah adalah membantu orang tuanya dalam segala hal yang dia mampu, sesuai usianya. Caranya dengan meringankan pekerjaannya, menuruti perintah orang tua dan tidak melawan orang tua.

Selain itu, tugas anak juga harus belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat mencapai cita-cita dimasa depan. Anak juga harus belajar agama dengan baik agar mempunyai sifat religius dan selalu menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai hamba Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa agar semua langkah dan cita-cita dapat terwujud di masa depan.

Sahabat inspiratif! Menjaga dan membersihkan kamar tidur dan rumah adalah kewajiban anak yang harus dilaksanakan setiap hari. Apabila rumah terlihat rapi maka semua anggota keluarga akan selalu nyaman ketika berada dirumah. Anak juga harus dapat membantu semua pekerjaan anggota keluarga seperti membantu tugas ayah, tugas ibu dan juga tugas anggota keluarga yang lain.

Salam inspiratif dari inspirasimakna!

Post a Comment

0 Comments