About Me

Pengertian Ekonomi Syariah dan Manfaatnya bagi Masyarakat



Sahabat Inspiratif! Untuk mempertahankan kondisi ekonomi saat ini maka semua kita harus  mendorong petumbuhan ekonomi syariah agar berkembang dengan baik di Indonesia. Ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan sosial yang telah mempelajari masalah-masalah ekonomi masyarakat yang didasarkan pada nilai-nilai Islam dalam perencanaan dan pelaksanaannya.

Sementara para ahli ekonomi syariah mendefinisikan ekonomi syariah sebagai berikut:

1. Menurut M.A. Manan ekonomi syariah adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai Islam.

2. Menurut Prof. Dr. Zainuddin Ali, pengertian Ekonomi Syariah adalah kumpulan norma hukum yang bersumber dari Al-Qur'an dan hadits yang mengatur perekonomian umat manusia.

3. Menurut Dr. Mardani, pengertian ekonomi syariah yaitu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh per orang atau kelompok atau badan usaha yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum dalam rangka memenuhi kebutuhan yang bersifat komersial dan tidak komersial menurut prinsip syariah.

Tujuan dari ekonomi syariah adalah untuk memberikan keselarasanbagi kehidupan di dunia. Nilai islam bukan semata-mata hanya untuk kehidupan muslim saja, tetapi seluruh makhluk hidup di muka bumi karena esensi proses ekonomi syariah adalah pemenuhan kebutuhan manusia

Sahabat Inspiratif! Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian ekonomi syariah adalah suatu sistem ekonomi yang bersumber dari nilainilai Islam (Al-Quran dan Hadits) yang dijadikan pedoman dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap manusia demi menjaga kelangsungan hidupnya.

Ekonomi syariah mempunyai 4 sifat, yaitu: 1). Unity (Kesatuan), 2). Equilibrium (Keseimbangan), 3). Free Will (Kebebasan), 4). Responsibility (Tanggung Jawab).

Sahabat Inspiratif! Ekonomi syariah sangat penting untuk dikembangkan di Indonesia karena sangat bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia. Manfaat ekonomi syariah bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Ekonomi syariah dapat mengurangi kerentanan antara sistem keuangan dengan sektor riil sehingga menghindari terjadinya pengelembungan ekonomi.

Sahabat Inspiratif! Dengan adanya sistem bagi hasil membuat tidak adanya jarak antara sistem keuangan dengan sektor riil, sistem keuangan ekonomi syariah mencerminkan ekonomi riil sehingga menghindari pengelembungan ekonomi atau sering disebut "bubble economy".

2. Ekonomi syariah penting karena menghindarkan dari pembiayaan yang sifatnya spekulatif.

Sahabat Inspiratif! Dengan terhidarnya pembiayaan yang spekulatif dapat memperluas "financial inclusion" sehingga melalui pembiayaan kepada UMKM berdasarkan landasan kebersamaan tidak untuk kepentingan para pemilik modal.

3. Ekonomi syariah penting karena dapat memperkuat sistem pengaman sosial.

Sahabat Inspiratif! Hadirnya dana-dana syariah potensial seperti zakat, infaq dan sedekah dapat memperkuat sistem pengaman sosial yang sudah ada, orang miskin, kaum duafa dapat mendapatkan manfaat ini sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain itu,  Indonesia akan sangat berpotensi menjadi pusat ekonomi syariah dan masyarakat syariah di dunia karena mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan juga perkembangan pertumbuhan masyarakat menengah yang signifikan. 

Sahabat Inspiratif! Ekonomi syariah telah terbukti memberikan banyak manfaat di tengah gejolak ekonomi yang terus menerjang perekonomian dunia. Dengan dukungan pemerintah, parlemen, regulator, masyarakat perkembangan ekonomi syariah tumbuh sangat signifikan. Hal ini terlihat dari meningkatnya Perbankan Syariah sebesar 15 % pertahun.

Pencapaian tersebut tentu menjadi titik kulminasi (titik balik) bagi sistem keuangan syariah di Indonesia karena  Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat ekonomi syariah dan masyarakat ekonomi syariah di dunia. 

Sahabat Inspiratif! Sistem keuangan syariah dan ekonomi syariah memberikan banyak manfaat di tengah gejolak ekonomi dunia yang silih berganti menyerang perekonomian global. Krisis ekonomi yang silih berganti saat ini justru menjadi tantangan lebih bagi negara-negara maju, sementara sistem ekonomi syariah justru dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi dampak krisis keuangan serta dapat meningkatkan ketahanan ekonomi nasional.

Post a Comment

0 Comments