About Me

Pengertian Amanah : Jenis dan Hikmahnya dalam kehidupan


Sahabat Inspiratif Arti singkat amanah adalah orang yang dapat dipercaya (terpercaya). Tetapi pegertian amanah secara lengkap adalah sifat yang mencerminkan kemampuan seseorang menerima, menyampaikan dan menjaga segala sesuatu yang telah disampaikan orang lain kepadanya.

Sahabat Inspiratif Amanah dapat berupa pesan, ucapan, perbuatan, harta, tugas atau tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Dengan demikian orang yang tidak menjaga amanah disebut orang khianat/tidak bertanggung jawab.

Ada 3 jenis amanah, yaitu:

1.Amanah terhadap Allah SWT

Sahabat Inspiratif  Amanah terhadap Allah SWT berupa ketaatan menjalankan perintah Allah SWT  dan menjauhi larangan Allah SWT.

2.Amanah terhadap sesama manusia

Sahabat Inspiratif  Amanah terhadap sesama manusia berarti kita harus menjadi orang yang dapat dipercaya apabila orang lain meminta kita untuk menyampaikan pesan, pesan, ucapan, perbuatan, harta, tugas atau tanggung jawab yang harus dilaksanakan.

3.Amanah terhadap diri sendiri

Sahabat Inspiratif  Amanah terhadap diri sendiri adalah memanfaatkan segala kemampuan yang kita miliki untuk mendapatkan masa depan yang baik, pekerjaan yang baik dan kebahagiaan hidup yang religius.

Hikmah perilaku amanah adalah sebagai berikut:

1.Dipercaya orang lain

Sahabat Inspiratif Apabila seseorang mendapat kepercayaan dari orang lain maka hal tersebut merupakan sebuah kebanggaan yang tidak bisa digantikan oleh apapun juga. Kepercayaan tersebut merupakan modal yang sangat berharga dalam menjalin hubungan atau interaksi antara sesama manusia.

2.Mendapat simpati dari semua teman maupun lawan.

Sahabat Inspiratif Dalam sebuah kisah diceritakan bahwa salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Abu Thalhah pernah memberikan sebidang tanah yang sangat subur kepada Nabi Muhammad SAW.

Nabi Muhammad SAW tidak menggunakan tanah tersebut seenaknya. Beliau mencari anak saudara Abu Thalhah yang hidupnya serba kekurangan dan memberikan tanah yang tersebut untuk mereka agar kehidupan mereka menjadi meningkat.

Sahabat Inspiratif Selain itu, keteladanan Nabi Muhammad SAW yang lain adalah ketika beliau menjalankan bisnis Siti Khadijah pada saat belum dinikahinya. Beliau benar-benar jujur dan amanah dalam menjalankan bisnis tersebut sehingga bisnisnya dapat berkembang dengan baik.

Begitu pula pada saat beliau mendamaikan para pemuka Quraisy yang bertikai tentang masalah siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad di Bangunan Ka’bah yang baru di renovasi. Lagi-lagi beliau dapat menjadi penengah bagi kaum Quraisy tersebut.

Sahabat Inspiratif Keteladanan beliau dalam memegang amanah dan juga perbuatan terpuji lainnya menjadikan beliau dijuluki “ Al Amin” oleh kaumnya.


Post a Comment

0 Comments